TOP 10 DTW Jepara

  • Posted on:  Saturday, 28 January 2017 12:33
  • Written by 
Rate this item
(0 votes)

1. Kepulauan Karimunjawa

IMG00803-20120918-0858Karimunjawa adalah salah satu surga wisata laut di Indonesia. Kepulauan Karimunjawa memiliki total 27 pulau yang terletak sekitar 48 mil laut dari jepara.Di Karimunjawa terdapat bangkai kapal Indono yang tenggelam sekitar tahun 1955, dimana saat ini menjadi habitat ikan karang yang cocok untuk lokasi penyelaman, selain spot kapal karam masih banyak spot-spot penyelaman dan snorkling yang tentunya akan mamanjakan mata wisatawan untuk melihat kehidupan surga bawah laut. selain keindahan bawah laut, kepulauan karimunjawa juga manawarkan kekayaan budaya, keindahan pantai dimana hampir selurtuh pantai di kepulauan karimunjawa berpasir putih sehingga kawasan pantai cocok untuk melakukan kegiatan benjemur, bermain pasir, dan menyaksikan sunset. Untuk menuju kepulauan karimunjawa wisatawan dapat menggunakan jalur udara yang dilayani Pesawat Carter dari Bandara Ahmad Yani Semarang dan jalur laut dengan menggunakan KMC Kartini dari pelabuhan Tanjung Mas Semarang dan Pelabuhan Kartini Jepara, KMC Expres Bahari dan KMP Siginjai dari Pelabuhan Kartini Jepara.

2. Pantai Bandengan

P7090119 [800x600]Pantai Tirto Samudro atau yang dikenal oleh masyarakat umum dengan sebutan Pantai Bandengan. Pantai yang airnya jernih dan berpasir putih ini sangat cocok untuk lokasi mandi dan berjemur. Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung dapat beraktivitas di laut dengan bermain jetski, banana boat, kano, dan berenang memakai ban, atau naik kapal wisata  berkeliling menuju Pulau Panjang. Pantai Bandengan terletak 7 km sebelah utara dari pusat kota jepara,Untuk menuju pantai bandengan dapat diakses dengan mudah menggunakan berbagai sarana transportasi baik umum maupun  pribadi.

 3. Pantai Kartini

Pantai KartiniObyek Wisata Pantai Kartini terletak 2,5 km ke arah barat dari Pendopo Kabupaten Jepara. Obyek wisata ini berada di kelurahan Bulu kecamatan Jepara dan merupakan obyek wisata alam yang menjadi dambaan wisatawan. Berbagai sarana pendukung seperti dermaga,permainan anak-anak, homestay,hotel dan lain-lain telah tersedia untuk para pengunjung.Di tempat ini pula para pengunjung dapat melepaskan lelah dengan duduk-duduk di bawah gazebo sambil menghirup udara segar bersama terpaan angin laut,tidak jauh dari pantai kartini kita juga dapat mengunjungi pulau panjang dengan menggunakan perahu wisata.pantai kartini ini berlokasi sangat strategis karna dipantai kartini ini juga terdapat pelabuhan menuju pulau karimunjawa.

4. Museum RA. Kartini

SAMSUNG CAMERA PICTURESMuseum RA Kartini berada di alun-alun kota Jepara,Tujuan didirikan museum  ini adalah untuk mengabadikan jasa-jasa perjuangan RA.Kartini dengan cara mendokumentasikan,memamerkan dan memvisualkan benda-benda bersejarah peninggalanya serta benda warisan budaya lainnya yang banyak ditemukan di Kabupaten Jepara,seperti foto-foto RA. Kartini dan kelurganya, perabot rumah tangga ,surat-surat, kerangka ikan raksasa JOKO TUO yang ditemukan diperairan pulau karimunjawa. Selain itu juga terdapat pula benda- benda kuno yang diduga peninggalan Ratu Shima.

 

5. Benteng portugis

DSC08733 [800x600]Benteng Portugis yang terletak di Desa Banyumanis Kecamatan Donorojo atau 45 km di sebelah utara Kota Jepara,Benteng ini dibangun diatas sebuah bukit batu dipinggir laut dan persis di depanya terhampar pulau mondoliko selain itu juga di dalam pantai bernteng portugis ini terdapat paviliun sebagai tempat beristirahat bagi wisatawan, untuk mencapainya tersedia sarana jalan aspal dan transportasi regular.

 

6. Gong Perdamaian

IMG_4138 [800x600]Di desa plajan, kecamata Pakis aji, Kabupaten Jepara, terpasang replika Gong Perdamaian Dunia, Gong perdamaian Asia, Afrika, dan gong perdamaian Nusantara Gong tersebut juga terpasang di 46 negara diseluruh benua. Gong perdamaian dunia, pertama kali dipasang di Bali, usai peristiwa bom 2002 silam,dan diresmikan oleh presiden Megawati Soekarnoputri gong perdamaian dunia diprakarsai oleh Djuyoto Suntani,pria kelahiran desa Plajan.

Menurutnya,seluruh umat manusia adalah saudara.Tinggal di bumi yang sama minum dari air yang sama dan menghirup udara yang sama ,Namun kenyataanya ,persamaan yang dimiliki tidak membuat manusia hidup dalam perdamaian. Djuyoto yakin, keberadaan Gong perdamaian dunia dapat melahirkan peradaban baru bagi umat manusia yang santun damai,dan bersaudara. Rencananya, Gong perdamaian Dunia akan dipasang di 202 negara.Museum Gong kini telah diresmikan sebagai salah satu obyek wisata andalan jawa tengah.

 

7. KOP ( Kura-kura Ocean park)

Obyek wisata kura-kura ocean park berlokasi di dalam komplek obyek wisata Pantai Kartini Jepara.Kura-kura ocean park merupakan obyek wisata edukasi yang berisi mengenai kehidaupan bawah laut yang berbentuk kura-kura raksasa. Kura-kura ocean park terdiri atas 2 lantai. untuk lantai bawah bagian dalam dimanfaatkan sebagai taman laut yang terdiri dari sebuah aquarium besar yang memiliki lorong “misteri bawah laut” dari lorong tersebut kita dapat menyaksikan kehidupan keindahan taman bawah laut yang dihuni oleh berbagai macam ikan-ikan,beberapa penyu sisik dan aneka terumbu karang.Sedangkan untuk lantai 2 terdapat Home theater 3D dan juga terdapat permainan pintar.Disekitar KOP wisatawan dapat menikmati  suasana di sekitar pantai yang cukup sejuk sehingga memberikan kesan tersendiri buat pengunjung,di pantai ini sangat cocok untuk rekreasi keluarga atau acara santai lainya.

 

8. Perang Obor

SAM_1037 [640x480]Upacara tradisional “Obor-oboran” merupakan salah satu upacara tradisional yang dimiliki oleh masyarakat Kabupaten Jepara, khususnya desa tegalsambi kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara yang tiada duanya di Jawa Tengah ini dan mungkin di seluruh Indonesia.Obor pada Upacara tradisional ini adalah gulungan atau bendelan dari pelepah kelapa yang sudah kering dan bagian dalamnya diisi dengan daun pisang kering.Obor yang telah tersedia dinyalakan bersama untuk dimainkan/digunakan sebagai alat untuk saling menyerang sehingga sering terjadi benturan–benturan obor yang dapat mengakibatkan pijaran–pijaran api yang besar, yang akhirnya masyarakat menyebutnya dengan istilah “ Perang Obor “

 

9. Pesta Lomban

P1110274 [800x600]Pesta Lomban di Jepara pada awalnya adalah pestanya masyarakat nelayan di wilayah Kabupaten Jepara,Masyarakat jepara merayakanya dengan memasak kupat dan lepet.Pada perayaan Pesta Lomban berlangsung mulai jam 06.00 pagi yang dimulai dengan pelepasan sesaji berupa kepala kerbau yang dilarung ke tengah lautan dan dilanjutkan berebut kupat lepet oleh masyarakat.Pesta ini merupakan puncak acara dari Pekan Syawalan yang diselenggarakan pada tanggal 8 syawal atau 1 minggu setelah hari Raya Idul Fitri.

 

10. Festival Hari Jadi Jepara

Peringatan Hari Jadi Jepara merupakan event budaya yang digelar setiap tahun untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Jepara. Penetapan Hari Jadi Jepara yang mengambil waktu Beliau dinobatkan sebagai penguasa Jepara atau yang bertepatan dengan tanggal 10 April 1549 ini telah ditandai dengan candra sengkala “TRUS KARYA TATANING BUMI” atau terus bekerja membangun daerah. Peringatan Hari Jadi Kabupaten Jepara di mulai dari ziarah ke makam Adipati dan Bupati Jepara terdahulu di  Makam Citrosomo di Desa Sendang, dilanjutkan dengan Kirab Hari Jadi Jepara pada tanggal 9 April dan dilanjutkan buka luwur makam Ratu Kalinyamat dan Sunan Mantingan. Dilanjutkan pada malam harinya diadakan pengajian di masjid mantingan.

Read 859 times Last modified on Wednesday, 08 February 2017 09:33

Related items

PILIH BAHASA

English French German Indonesian Italian Portuguese Russian Spanish

KALENDER EVENT

December 2017
S M T W T F S
1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31