Akar seribu

  • Posted on:  Thursday, 20 April 2017 11:22
  • Written by 
Rate this item
(0 votes)

Akar seribu adalah sebuah pohon karet yang sangat besar, dan memiliki lebih dari seribu akar. wana akar seribu terletak di desa plajan petir Rt25 Rw4 pakis aji Jepara. Pohon karet tersebu ditanam pada awal tahun 1931 oleh almarhum bapak sumani dikala umur 16 tahun. tujuan penanaman pohon karet tersebut adalah untuk menghindaru tanah longsor, penghijauan lingkungan, dan penanggulangan erosi banjir, serta untuk menghidupkan sumber mata air di daerah tersebut.

Seiring dengan kemajuan zaman tujuan tersebut bertambah, yaitu dijadikan daya tarik wisata yang sering kita kenal dengan wisata alam "Akar Seribu", yang diharapkan dapat memberikan suasana baru bagi pengunjung yang akan menikmati lingkungan yang masih alami, sunyi, indah, dan nyaman didukung dengan ratusan jenis tanaman yang ada dikawasaan akar seribu dengan luas kurang lebih 25 hektar yang merupakan murni hutan rakyat.

pada kawasan tersebut juga terdapat petilasan "Ki Kerto Guno" yang konon merupakan pedagang rempah - rempah dari kota jepara. Menurut cerita ki kerto guno setiap saat mengambil rempah -rempah dari pasar jati desa tanjung dan juga pasar winongrejo desa tenggguli, baru di bawa ke pasar jepara kota.

sautu ketika dalam perjalanannya antara pasar jati tanjung dan pasar winongrejo melalui bukit serut dengan memakai sarana transportasi pedati (Strek) yang ditarik 2 kerbau dengan 1 kusir yang bernama "NUR SETO" dalam perjalanan tersebut kedua kerbau kehausan dan mencium bau air dari sendang wangi akhirnya kedua kerbau lari kencang mencari arah air sehingga terperosok masuk ke jurang. Sampai menjadi 1 orang kusir dan pedagang rempah termasuk 2 kerbau dan pedatinya seketika itu berubah menjadi batu, sedangkan rempah - rempahnya tumpah berhamburan dan setiap musim penghujan tumbuh dikawasan tersebut (sampai saat ini belum ada yang mengetahui tahun berapakah itu terjadi disamping itu juga ada tebing kepodang, gowok macan, tebing beringin yang menjadi daya tarik wisata alam akar seribu)  

Read 208 times Last modified on Wednesday, 03 May 2017 14:58

PILIH BAHASA

English French German Indonesian Italian Portuguese Russian Spanish

Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/ticjepar/public_html/modules/mod_wsfbcom/mod_wsfbcom.php on line 18

KALENDER EVENT

June 2017
S M T W T F S
1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30